RSS

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

PERTANIAN


Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa ada kelapa sawit di tanah Jawa, yang mereka tahu umumnya kelapa sawit ditanam di Sumatra, Kalimantan, atau Sulawesi. Ternyata, di Jawa pun ada tepatnya di sepanjang Blitar Selatan Jawa Timur, dan kebun kelapa sawit tersebut cukup luas tidak kurang ada 7.000 ha lahan yang telah ditanami tanaman berminyak ini.

Ketika team UPFP berkunjung kedaerah tersebut team mendapatkan kelapa sawit yang ada tumbuh dengan subur, padahal tadinya tanah yang ditanami kelapa sawit berupa tanah yang kurang produktif. Dulu Blitar Selatan dikenal sebagai daerah yang miskin, panen hanya terjadi sekali selama setahun, banyak penduduknya pergi keluar daerah untuk mengadu nasib. Saat ini umur tanaman sekitar 3,5 tahun, dan bertepatan dengan kedatangan kami ada kegiatan panen buah pertama. Dan menurut penuturan pendamping petani, Mas Edy, “ InsyaAllah nantinya petani bisa panen setiap minggu sekali”. Dengan demikian sebentar lagi ada perubahan dalam kehidupan masyarakat Blitar Selatan menjadi lebih makmur, lebih hijau dan penduduknya tidak lagi mengadu nasib di daerah lain.
Fakultas Pertanian Universitas Jember sangat senang dan antusias dengan keberadaan kebun di Blitar ini. Saat ini alumni dari Fakultas Pertanian banyak yang bekerja di perkebunan kelapa sawit diluar Jawa. Dengan adanya kebun yang cukup dekat dari Fakultas Pertanian Unej in, maka pembelajaran mengenai perkebunan khususnya mengenai perkelapasawitan akan lebih mantab. Saat pulang dari Blitar Selatan team dititipi beberapa bibit kelapa sawit untuk disampaikan kepada Dekan yang menandai adanya kerjasama antara kebun kelapa sawit Blitar dengan Fakultas pertanian Universitas Jember.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar